Headlines News :
Home » , , , , , , » Profil Johnny Heitinga, Timnas Belanda Berdarah Indonesia

Profil Johnny Heitinga, Timnas Belanda Berdarah Indonesia

Ditulis Oleh Unknown Pada Wednesday, June 5, 2013 | 10:02 AM

Sepakbola - Johnny Heitinga lahir dengan nama lengkap John Gijsbert Alan Heitinga. Ia dilahirkan di Alphen aan den Rijn, 15 November 1983. Johnny Heitinga adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain sebagai bek tengah untuk Everton di Liga Primer Inggris dan tim nasional Belanda.

Heitinga mengawali karier di akademi sepakbola ARC dan Ajax. Selain sebagai bek tengah, ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Heitinga pernah bermain untuk Ajax dan Atl├ętico Madrid sebelum bergabung dengan Everton pada September 2009. Ia memperkuat timnas Belanda di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010.

Secara mengejutkan, dalam sebuah wawancara dengan media Belanda, Heitinga membenarkan bahwa ia keturunan Indonesia. Rob, ayah Johnny, lahir di Jakarta, sementara kakeknya Gijsbert Johanes Heitinga berasal dari pulau Belitung.
sumber: Wikipedia

Heitinga yang berposisi sebagai pemain belakang mengawali karir bersama tim muda Ajax Amsterdam pada tahun 2001. Ia adalah bagian dari generasi emas akademi klub ini bersama pemain-pemain seperti Wesley Sneijder, Rafael Van Der Vaart, Cristian Chivu dan Zlatan Ibrahimovic.

Setelah bermain selama tujuh musim penuh kesuksesan di Ajax, Heitinga kemudian hijrah ke ibu kota Spanyol untuk memperkuat Atletico Madrid. Hanya semusim di Vicente Calderon, Everton kemudian menariknya dengan transfer 6,2 juta pounds. Hingga kini, pemain kelahiran 1983 ini masih memperkuat The Toffees.

Johnny Heitinga telah memperkuat tim nasional Belanda sejak usia junior, dan kemudian menjalani debut di tim nasional senior tahun 2004. Ia kemudian mengikuti Piala Eropa 2004 dan tampil sebanyak empat kali. Ia melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 sebagai pilihan pertama di sektor pertahanan. Total, ia telah memperkuat tim nasional Belanda sebanyak 85 kali dengan mencetak tujuh gol.

Secara individu, Heitinga telah memperoleh beberapa penghargaan bergengsi diantaranya Pemain Terbaik Belanda 2008 dan Pemain Terbaik pilihan Fans Everton tahun 2012.

Untuk diketahui, selain Johnny Heitinga, masih ada pemain timnas Belanda yang juga berdarah asli Indonesia. Mereka adalah Denny Landzaat dan Giovanni van Bronckhorst.
Share this post :
Comments
0 Comments
 
Support : Privacy Policy | TOS | Site Map
Copyright © 2011-2013. BERITAKU BERITAMU - All Rights Reserved
Created and Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger | Supported by: Google | Google Adsense