FC BAYERN MUNCHEN JUARA UEFA CHAMPION LEAGUE 2012-2013

FC Bayern Muenchen semalam telah memastikan diri sebagai jawara Liga Champions musim 2012-2013. Pasukan yang diarmadai oleh Jupp Heynckes ini menang dengan perolehan skor yang sangat tipis 2-1 dari lawannya Borussia Dortmund.

Liga Champion musim ini memang lain dari yang lain karena menyisahkan dua klub di final yang keduanya berasal dari Jerman, bukan didominasi oleh Spanyol seperti biasanya. Selain itu, sama peperti Real Madrid dan Barcelona, kedua klub Jerman ini juga merupakan musus bebuyutan, bedanya, Bayern memang lebih unggul ketimbang Dortmund, baik diatas kertas maupun pemain.

Jupp Heynckes meraih gelar Liga Champions keduanya, setelah yang pertama bersama Real Madrid pada 1998 silam. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)

Arjen Robben membuat gol kemenangan di menit-menit akhir pertandingan. Dalam laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (26/5), kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Dortmund lebih menguasai bola dan memiliki banyak peluang di 45 menit pertama. Mereka beberapa kali mengancam gawang Manuel Neuer, kiper dari Klub Bayern Munchen, tapi sayang tidak satupun yang berbuah gol.

Pada leg ke dua, Muenchen mulai menemukan permainan terbaiknya. Mereka bisa mengimbangi Dortmund dan menciptakan peluang-peluang bagus di depan gawang Roman Weidenfeller, kiper dortmund. Die Roten pun unggul terlebih dahulu usai Mario Mandzukic membuat gol di menit 60. Anak asuh Juergen Klopp lalu seperti dilecut dan membuat gol penyama skor sembilan menit kemudian lewat penalti Ilkay Gundogan. Wasit Nicola Rizzoli menunjuk titik putih setelah Dante melanggar Marco Reus di kotak penalti FC Hollywood. Skor 1-1. Memasuki menit 88 laga pun sepertinya akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2x15 menit. Namun sebuah umpan bola panjang dari daerah pertahanan FC Hollywood membuahkan kemelut di kotak penalti Die Borussen. Di saat itu tiba-tiba Robben berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya dengan sepakan datar ke gawang Weidenfeller. Gol! Skor 2-1 berakhir hingga wasit meniup peluit panjang. 



Dengan demikian, Muenchen meraih gelar kelimanya di ajang Liga Champions, turnamen antarklub paling bergengsi di ranah Benua Biru. Sebelum kesuksesan di London, Muenchen empat kali tampil sebagai kampiun, tiga di antaranya dicetak secara berturut-turut di musim 1973-1974, 1974-1975, 1975-1976, dan musim 2000-2001.

Susunan pemain Bayern Muenchen: 


Neuer; Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Martinez, Schweinsteiger, Robben, Mueller, Ribery (Gustavo 90') ; Mandzukic (Gomez 90').


Susunan Pemain Borussia Dortmund: 


Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Bender (Sahin 89'), Gundogan, Blaszczykowski (Schieber 89'), Reus, Grosskreutz; Lewandowski.

Menyusul keberhasilan di London, Muenchen berhak mendapatkan status istimewa yaitu badge kehormatan yang khusus diperuntukkan bagi klub-klub yang mampu merebut gelar Liga Champions minimal lima kali. Sebelum Muenchen, hanya tiga klub yang menerima badge khusus tersebut, yaitu Real Madrid, AC Milan, dan Liverpool.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel