Headlines News :
Home » , , , , , » Jokowi Walikota Terbaik Ketiga Di Dunia Versi WorldMayor.com, 2012 Lalu.

Jokowi Walikota Terbaik Ketiga Di Dunia Versi WorldMayor.com, 2012 Lalu.

Ditulis Oleh Unknown Pada Sunday, June 23, 2013 | 5:37 AM


Beberapa situs-situs dunia sering melansir hal-hal yang menjadi sorotan dunia, misalnya saja wikileaks dengan lansiran berita arsip rahasia dunia, Reuters, dan lain sebagainya, termasuk situs worldmayor.com. Nah, baru-baru ini situs worldmayor.com mengumumkan beberapa nama Wali Kota terbaik di dunia.

Adapun yang menjadi wali kota terbaik diurutan pertama sebagai Wali Kota terbaik di dunia Adalah Wali Kota Inaki Azkuna, Wali Kota Bilbao, Spanyol. Semantara gubernur Jakarta sekaligus mantan Wali Kota Solo, Jokowi, masuk dalam peringkat ke 3 sebagai Wali Kota terbaik di dunia. 

Untuk lebih jelasnya mari kita simak berita selengkapnya berikut ini tentang 5 wali kota terbaik dunia.

1. Inaki Azkuna, Wali Kota Bilbao, Spanyol 

 Urutan pertama ditempati oleh wali kota Bilbao, Spanyol, Inaki Azkuna. Ia menjabat sebagai Wali Kota Balibo pada sejak 2009 lalu. Ia terpilih menjadi walikota terbaik sejagad pada tahun 2012. 

Selama ia menjabat sebagai Wali Kota Bilbao, Inaki Azkuna banyak melakukan perubahan-perubahan yang memang patut diberikan penghargaan atas kerjanya itu. Selama ia menjabat, pemerintahan berjalan dengan lancar bahkan tingkat korupsi yang terjadi hampir tidak ada selain itu Inaki Azkuna juga berhasil menurunkan polusi di kota ini dengan memindahkan beberapa pusat industri dan kebijakan yang paling fenomenal adalah ketika Inaki Azkuna membangun kembali Museum Guggenheim yang menghabiskan dana Rp 2,2 triliun, museum itu kini menjadi pusat budaya di Spanyol dan menyumbangkan pendapatan besar bagi negara Spanyol.

2. Lisa Scaffidi, Wali Kota Perth, Australia 

Diurutan kedua ada Lisa Scaffidi, Wali Kota Perth, Australia. ia terpilih menjadi wali kota perempuan pertama di Perth pada Oktober 2007. Dia mengalahkan pesaingnya dengan kemenangan 56 persen suara. Pada Oktober tahun lalu dia kembali terpilih untuk kedua kalinya hingga masa jabatan empat tahun ke depan. Dia menang dengan selisih suara lebih dari 25 persen. 

3. Jokowi, Wali kota Surakarta, Indonesia 

Diurutan ketiga, ada Jokowi, Wali kota Surakarta, Indonesia. Jokowi yang kini menjabat sebagai Gubernur Jakarta menjadi wali kota terbaik ketiga pada 2012 lalu. 

Saat itu ia menjabat sebagai Wali Kota Solo. Selama menjadi Wali Kota Solo Jokowi banyak melakukan perubahan bahkan ia berhasil mengubah daerah kriminal menjadi tempat wisata dan semua urusan birokrasi bisa berjalan dengan lancar tidak ada pungli dan biaya lainya. Selain itu selama menjadi Wali Kota Jokowi juga menolak untuk mengambil gajinya. Jokowi dinilai warganya sebagai Wali Kota yang lebih merakyat karena sering menghabiskan waktu kerjanya berada di lapangan dibandingkan di Kantor. 

4. Regis Labeaume, Wali Kota Quebec, Kanada 

Diurutan ke empat ada Regis Labeaume, Wali Kota Quebec, Kanada. Regis Labeaume terpilih menjadi wali kota pada Desember 2007 lantaran wali kota sebelumnya Andree Boucher meninggal. Dia terpilih kembali pada November 2009 lalu dengan kemenangan hampir mencapai 80 persen suara. Para pemilihnya menyukai kerja keras Labeaume dan gayanya yang sering melawan arus. Pria berusia 56 tahun ini juga disukai karena jujur dan berhasil menyalurkan dana negara ke kota yang dipimpinnya. Selain itu dia juga dikenal lantaran sering mengadakan acara-acara internasional dan sejumlah konser musik di Kota Quebec. Dia menegaskan tak ada korupsi di kotanya dan tak akan memberi toleransi bagi siapa pun yang korupsi di pemerintah kota. 

5. John F Cook, Wali Kota El Paso, Amerika Serikat 

Urutan kelima ada John F Cook, Wali Kota El Paso, Amerika Serikat. Ia menjabat sebagai walikota selama dua priode, selama menjabat sebagai Wali Kota, ia banyak melakukan perubahan di kotanya salah satunya adalah ia berhasil membuat kotanya sebagai kota yang paling aman di Amerika Serikat. Selain itu, ia juga memberikan asuransi kesehatan bagi para pekerja termasuk pasangan gay dan belum menikah.

Sumber: Palingseru.com
Share this post :
Comments
0 Comments
 
Support : Privacy Policy | TOS | Site Map
Copyright © 2011-2013. BERITAKU BERITAMU - All Rights Reserved
Created and Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger | Supported by: Google | Google Adsense