[SPESIFIKASI] SUKHOI PESAWATJET-100 YANG JATUH DI GUNUNG SALAK

[SPESIFIKASI] SUKHOI PESAWATJET-100 YANG JATUH DI GUNUNG SALAK >>> Dalam artikel sebelumnya, yaitu SUKHOI SUPERJET-100 JATUH TABRAK GUNUNG SALAK, Telah kita baca berita tentang jatuhnya pesawat Sukhoi Milik Rusia di sekitar gunung Salak. Nah, kali ini akan dipaparkan spesifikasi atau keadaan dari pesawat Sukhoi tersebut saat peristiwa naas itu terjadi.

source: slide gossip


Nama pesawatnya adalah Sukhoi SuperJet 100 (SSJ-100). Pesawat ini berasal dari produsen pesawat terkenal asal Rusia yaitu Sukhoi Civil Aircraft. Pesawat ini didesain pada tahun 2000 dan terbang perdana pada Mei tahun 2008. Dengan kapasitas 98 penumpang, pesawat ini cukup diandalkan untuk menjadi pesawat komersil umum. Jarak Jelajahnya adalah 3.048 KM versi dasar dan 4.578 KM versi jarak jauh. Ketinggian jelajahnya adalah 12.200 meter diatas permukaan laut.

Pesawat ini bersertifikat dari lembaga Sertifikat Rusia (IAC AR) pada Januari 2011 dan agen keamanan penerbangan Eropa pada Fevruari 2011. Pembelian pesawat pertamakali oleh Armenia (Armavi) dan Rusia (Aeroflot) pada April 2011. 

Pemesan pesawat ini adalah Kartika Airline sebanyak 15 unit dan Sky Aviation sebanyak 12 unit dengan transaksi total sekitar Rp.3,5 Triliun. Agen penjualnya adalah Tri MArga Rekatama Demo JoyFlight.

Pesawat SSJ - 100 bernomor registrasi FN RA36801 yang dipiloti oleh seorang mantan pilot Kosmonot (pesawat Ulang Alik Rusia) Alexander Yablonstev dan Alexander Kochetkov sebagai co-pilotnya.

Denga rute Lanud Halim Perdanakusuma - Bogor - Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat ini diperkirakan berpenumpang 42 sampai 46 orang (namun jumlahnya masih simpang siur dikarenakan ada calon penumpang yang tidak jadi ikut dan ada penumpang yang sebelumnya tidak bisa ikut mendadak ikut, dan data ini terbawa oleh salah satu awak kedalam pesawat yang naas tersebut, sehingga jumlah pastinya sulit untuk diketahui).

Pesawat ini terbang pada pukul 14.21 Wib dan kontak terakhir terjadi pada pukul 15.30 Wib pada saat meminta perubahan ketinggian dari ketinggian 10.000 menuju 6.000 feet.

Selanjutnya baca artikel terkait tentang Nama Sementara Penumpang Sukhoi yang naas tersebut disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel